Sabtu, 02 Juli 2011

Pengarang Novel Rinai Kabut Singgalang Juri Lomba Nasional Menulis Artikel Tentang RI-Maroko


KOPI – Ada awal, maka harus ada pula akhir. Kegiatan lomba menulis tingkat nasional tentang hubungan Indonesia-Maroko, kerjasama PPWI dengan pihak Kedutaan Besar Kerajaan Maroko di Jakarta, yang dimulai pada tanggal 1 April 2011 lalu akhirnya ditutup pada 30 Juni 2011, pukul 24.00 WIB. Pengumuman hasil lomba ini dimaksudkan sebagai penuntasan akhir dari rangkaian panjang kegiatan lomba menulis tersebut.

Tidak kurang dari 600 artikel dari dua kategori kelompok peserta, yakni Siswa SLTP/SLTA dan Mahasiswa telah memenuhi ruang redaksi. Jumlah yang amat luar biasa itu teramat sangat membanggakan, terutama karena fenomena ini menunjukan bahwa ada antusiasme dan kecintaan masyarakat Indonesia terhadap bangsa yang sering disebut sebagai Saudara Kandung (Akh Syaqiq), Maroko negeri matahari terbenam itu. Realitas ini menjadi bukti nyata bahwa kelompok generasi muda Indonesia memiliki semangat kuat dan sejuta idealisme untuk tetap mempertahankan hubungan silaturahmi dengan bangsa Maroko yang berdiam nun jauh di utara benua Afrika sana. Jadilah ratusan artikel telah menjadi jembatan emas bagi rakyat dalam menyampaikan rasa dan asa mereka, juga mengungkapkan ide-ide cerdasnya untuk memperkokoh hubungan kedua negara dan bangsa.

Dewan Redaksi Koran Online Pewarta Indonesia (KOPI) dan panitia lomba dengan senang hati menyampaikan banyak terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada para peserta. Sejatinya, Anda semua adalah pemenang dari lomba ini. PPWI dan Kedutaan Besar Maroko di Jakarta secara tulus menyediakan Piagam Penghargaan bagi semua pengirim artikel.

Selanjutnya, Panitia lomba menyampaikan beberapa hal penting sebagai berikut:

Pertama, hasil lomba ini telah disahkan oleh tim yang tergabung dalam institusi dewan juri yang terdiri dari berbagai kalangan —mereka adalah WILSON LALENGKE, S.Pd, M.Sc, MA (Ketua Umum PPWI), TEGUH SANTOSA, MA (Ketua Umum Sahabat Maroko), Imam Suwandi, S.Sos (Penulis, Editor Senior MetroTV), DAMHURI MUHAMMAD (Esais, Cerpenis, Kritikus), DIANING WIDYA YUDHISTIRA (Novelis), SUPADIYANTO, S.Sos.I (Editor dan Kolumnis berbagai media cetak lokal dan nasional), dan MUHAMMAD SUBHAN (Jurnalis dan Novelis).

Kedua, Berkaitan dengan agenda kegiatan Kedutaan Besar Maroko - Jakarta pada bulan Juli-Agustus ini, maka jadwal pengumuman pemenang lomba menulis dan pelaksanaan resepsi penyerahan hadiah dipercepat. Sebagai catatan, perubahan jadwal sudah dipublikasikan media online ini sejak beberapa waktu lalu, disertai juga pengiriman email pemberitahuan ke masing-masing penulis/peserta lomba. Pengumuman pemenang sedianya dilakukan tanggal 2 Juli 2011, namun baru dapat dilaksanakan saat ini, Minggu 3 Juli 2011 pagi.

Ketiga, hadiah-hadiah yang disediakan PPWI bersama Kedutaan Besar Maroko di Jakarta untuk diberikan kepada para juara adalah sebagai berikut:

1. Tropi Juara I dan Sertifikat dari Dubes Maroko untuk Indonesia + Laptop + Sertifikat dari PPWI + hadiah sponsor lainnya bagi 2 orang Pemenang I.

2. Tropi Juara II dan Sertifikat dari Dubes Maroko untuk Indonesia + Camera Professional + Sertifikat dari PPWI + hadiah sponsor lainnya bagi 2 orang Pemenang II.

3. Tropi Juara III dan Sertifikat dari Dubes Maroko untuk Indonesia + Camera Digital + Sertifikat dari PPWI + hadiah sponsor lainnya bagi 2 orang Pemenang III.

4. Tropi Juara Harapan I dan Sertifikat dari Dubes Maroko untuk Indonesia + Tabanas Rp. 1.000.000,- + Sertifikat dari PPWI + hadiah sponsor lain bagi 2 orang Pemenang Harapan I.

5. Tropi Juara Harapan II dan Sertifikat dari Dubes Maroko untuk Indonesia + Tabanas Rp. 750.000,- + Sertifikat dari PPWI + hadiah sponsor lain bagi 2 orang Pemenang Harapan II.

6. Tropi Juara III dan Sertifikat dari Dubes Maroko untuk Indonesia + Tabanas Rp. 500.000,- + Sertifikat dari PPWI + hadiah sponsor lain bagi 2 orang Pemenang Harapan III.

7. Sebanyak 111 (seratus sebelas) naskah terbaik akan dipublikasikan dalam bentuk buku oleh pihak Kedutaan Besar Maroko. Tulisan yang tidak terpilih akan dicantumkan judul tulisan bersama penulisnya di daftar lampiran.

8. Sebagai apresiasi positif, seluruh peserta lomba mendapatkan piagam penghargaan (dalam bentuk soft-copy) dari PPWI Nasional dan Kedubes Maroko di Jakarta.

Keempat, Penyerahan hadiah akan dilakukan pada tanggal 4 Juli 2011 dalam sebuah acara khusus Gala-dinner di Kediaman Duta Besar Maroko di Jakarta yang akan dihadiri juga oleh beberapa pejabat tinggi negara dan kalangan pers nasional. Pemenang I, II, dan III diundang ke Jakarta oleh dan atas biaya Kedubes Maroko.

Kelima, Hasil Lomba Menulis Artikel Tingkat Nasional tentang Hubungan RI – Maroko adalah sebagai berikut :

Kategori Pelajar SLTP/SLTA :

Juara I disabet oleh Fadly Yashari Soumena dari MAN 2 MODEL Makassar, dengan artikel bertajuk: “HAM Tidak Sekedar Berteriak, Indonesia Perlu Belajar ke Maroko! (236/S)” (skor: 159)

Juara II diraih oleh M. Darussalam. T dari SMA Negeri 2 Palembang, dengan artikel berjudul: “Pariwisata antara Republik Indonesia dan Kerajaan Maroko (59/S)” (skor 158)

Juara III digenggam oleh Bayu Prakoso dari SMA Negeri 7 Pontianak, dengan artikel bertitel: “Harmoni dalam Budaya: Angklung Indonesia untuk Maroko (228/S)” (skor 156)

Juara IV (Harapan I) disabet oleh Nopitri Wahyuni dari SMKN 2 Terbanggi Besar Lampung, dengan artikel berjudul: “GUGAT SEKULARISME: Jihad atau Jahiliyah? (450/S)” (skor 154)

Juara V (Harapan II) digenggam oleh Ragil Heri Dewantoro dari SMK N 1 Klaten, dengan artikel bertitel: “Indonesia Maroko Tersenyum (44/S)” (skor 153)

Juara VI (Harapan III) diraih oleh Ganar Adhitya dari SMA Harapan Mandiri Medan, dengan artikel bertajuk: “Modal Sosial untuk Kebersamaan (558/S)” (skor 152)

Kategori Mahasiswa:

Juara I jatuh ke tangan Izzatul Kamilia dari Universitas Jember, dengan artikel bertajuk: “Dua Negara, Dua Budaya, Satu Cerita (434/M)” (skor 160,5)

Juara II dipegang oleh M. Khoirul Anwar KH dari IAIN Syech Nurjati Cirebon, dengan artikel bertajuk: “Epistemologi Maroko-RI (573/M)” (skor: 158)

Juara III direbut oleh Lestari Widodo dari Universitas Jambi, melalui artikel berjudul: “Mimpiku di Negeri Maghribi (254/M)” (skor: 156,5)

Juara IV (Harapan I) digenggam oleh C. Sinta Triyani dari Universitas Negeri Yogyakarta, dengan artikel bertitel: “Hubungan RI-Maroko, So What? (223/M)” (skor 156)

Juara V (Harapan II) jatuh ke tangan Hayu Ning Dewi dari Institut Pertanian Bogor (IPB), dengan artikel bertitel: “Romantisme RI-Maroko dalam Ruang Multidimensi (419/M)” (skor 153)

Juara VI (Harapan III) dipegang oleh Raja Maspin Winata dari Universitas Sumatera Utara dengan artikel bertitel: “Perempuan dan Perempuan (528/M)” (skor 152.5)

Keenam, keputusan dewan juri tidak bisa diganggu gugat.

Ketujuh, Panitia mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh peserta, para anggota dewan juri, Kedutaan Besar Maroko di Jakarta dan semua pihak yang telah membantu terselenggaranya kegiatan ini.

Kepada seluruh Pemenang kami ucapkan selamat. Segera setelah pemuatan publikasi ini, seluruh pemenang akan dihubungi oleh panitia melalui email, dan per telepon untuk pengaturan pemanggilan ke Jakarta (bagi pemenang I, II, III) dan pengiriman hadiah bagi pemenang lainnya. Seluruh biaya transportasi, akomodasi, dan pengiriman hadiah ditanggung oleh Panitia/Kedubes Maroko. Mohon berhati-hati jika ada pihak yang menghubungi Anda dan meminta sejumlah dana dalam kaitan kegiatan lomba ini.

Demikianlah pengumuman ini disampaikan dan dipublikasikan agar seluruh peserta lomba dan masyarakat umum menjadi maklum adanya. Terima kasih.

Jakarta, 3 Juli 2011

Wilson Lalengke, S.Pd, M.Sc, MA
Ketua Umum PPWI/Ketua Dewan Juri

Sumber: http://www.pewarta-indonesia.com/warta-redaksi/warta-redaksi/6241-pengumuman-hasil-lomba-menulis-artikel-tingkat-nasional-tentang-ri-maroko.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar