Minggu, 15 Mei 2011

Gol A Gong Gerakkan “Program Gerakan Indonesia Membaca”

,

BATUSANGKAR, SO – Ketua Umum Forum Taman Bacaan Masyarakat (FTBM) dan Dewan Pembina Forum Lingkar Pena, Gol A Gong berkeliling Sumatera dan sebagian wilayah Indonesia untuk mengajarkan menulis dan membaca.

Novelis asal Serang Banten ini saat dihubungi dari Batusangkar mengatakan siap diundang oleh komunitas dan sanggar yang bergerak dalam kepenulisan, dan skenario televisi di negeri ini.

"Dalam mengkampanyekan Gerakan Indonesia Membaca untuk menebarkan virus menulis dan membaca saya siap diundang ke daerah," kata Gol A Gong yang sebelumnya tampil di graha Serambi Mekah Padang Panjang beberapa waktu lalu.

Dikatakannya,  melalui program Gerakan Indonesia Membaca di tingkat lokal yang akan dilaksanakan setiap provinsi bisa memacu minat baca masyarakat, khususnya generasi muda.

Ia menyebut sudah melakukan berbagai 'workshop, seminar dan diskusi Gerakan Indonesia Membaca seperti di kawasan Jawa, Jambi, Bengkulu, Padangpanjang, Jambi, Kepri, Palembang dan kawasan Sumsel, serta daerah lainnya di Indonesia.

Menurutnya, kedepan akan dibentuk Gerakan Sumatera Membaca, Jawa Membaca, Kalimantan Membaca, Riau Membaca, Sulawesi Membaca, Bali Membaca, dan Papua Membaca serta Babel Membaca yang bentuk kegiatannya diserahkan sepenuhnya kepada TBM masing-masing daerah.

Ia melihat minat baca generasi muda memprihatinkan karena terbius penggunaan fasilitas modern dan teknologi berlebihan sehingga generasi menjadi malas membaca. Minat membaca generasi muda semakin rendah juga dipicu kurangnya pengetahuan dan pemahaman mereka akan pentingnya membaca untuk memperoleh berbagai macam ilmu dan wawasan melalui buku.

Di tengah kondisi itu, maka perlu adanya "gempa literasi" agar masyarakat Indonesia lebih berminat membaca buku dalam upaya meningkatkan kecerdasan dan meraih kemajuan untuk mengangkat martabat bangsa dan negara.

Ditandaskannya, generasi muda lebih cenderung menggunakan fasilitas modern dan teknologi, seperti internet, televisi, game, dan lainnya secara berlebihan, tanpa ada pengawasan dari orang tua, sekolah, dan lingkungan sehingga buku bacaan semakin hilang peminatnya.

Ia mengatakan, TBM atau komunitas baca seperti Forum Lingkar Pena atau komunitas baca, di masing-masing daerah berperan menyediakan perpustakaan masyarakat, terutama di daerah pedesaan yang sulit dijangkau akses informasi dan komunikasi.

"TBM sangat berperan dan mendapat sambutan positif dari masyarakat, terbukti masyarakat antusias mengikuti berbagai kegiatan yang dilaksanakan TBM," ujar novelis yang anyar dengan Balada Si Roy ini.

FTBM bertekad memiliki perpustakaan di semua desa di seluruh Indonesia dan mengajak berbagai komponen masyarakat untuk menyumbangkan sejumlah buku bacaan dalam upaya menambah koleksi buku.

Gol A Gong menyatakan siap menampung sumbangan buku jenis apa saja dari berbagai pihak, namun tetap diseleksi agar lebih layak baca agar mampu menambah ilmu pengetahuan dan mencerdaskan masyarakat.

Untuk itu, kata dia, melalui "Gerakan Indonesia Membaca" ini minat baca generasi muda semakin meningkat untuk mencapai cita-cita mereka.

Dilaporkan: di2 YS

Dimuat di: http://www.sumbaronline.com/berita-4540-gol-a-gong-gerakan-program-gerakan-indonesia-membaca.html

Minggu, 15 Mei 2011 - 17:31:45 WIB | hit 26

Gambar: Website SumbarOnline

1 komentar:

  1. Mas Gol A Gong , memang kereeeennn...eh salam kenal buat Bang Muhammad Subhan :)

    BalasHapus